Sabtu, 24 Juli 2010

Ayam Rica-rica ceritanya...:-D


tengak-tengok resep di internet...penasaran pengen coba bikin ayam rica-rica yang pedess itu tuh..alhamdulillah, kesampean juga tadi pagi! heemm...mimi beli daging ayam banyak juga, biasa setengah kg aja, tapi kali ini beli satu kg. ya udah, kesempatan emas nih...buat ayam rica-rica..^_^

maklum, di rumah ga semuanya seneng pedes...mimi, bapak plus nenek udah ngak boleh makan yang pedes-pedes (karena faktor usia sih..) trus ditambah satu kakak, laki-laki pula! nggak doyan pedess...aseli nggak doyan dari dulu kala..hihi...tapi anehnya klu saos sambal dia mau makan! ckckckck....

Jadilah satu kg ayam kubagi dua, satu kumasak teriyaki dan satu lagi kumasak rica-rica..yang kutuliskan disini yang rica-rica yaa...resepnya dapet dari internet juga, cuma aku lupa nggak inget nama blog-nya apa, ntar klu jumpa lagi aku follow ah..:-D

Bahan-bahan :
daging ayam dipotong jadi 8 bagian
1 buah jeruk nipis
1 batang serai, dimemarkan
8 siung bawang merah, dirajang halus
1 lembar daun pandan (tadi nggak pake, soalnya ga ada..hhe..)
3 lembar daun jeruk (sama ini juga ga ada, jadi ga pake deh..)
150 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
4 siung bawang putih
4cm jahe
10 cabe merah
10 cabe rawit (klu ada yang merah, klu ga ada yang hijau juga ga apa-apa)
1/2 sdt garam

Cara Mengolah :
1. cuci bersih ayam yang sudah dipotong, kemudian rendam dengan ari jeruk nipis selama +/- 45 menit
2. panaskan minyak goreng, tumis bawang merah yang sudah dirajang. Masukan juga serai, daun pandan,  aduk sampai harum dan bawang merah berwarna kecoklatan.
3. masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, juga daun jeruk..aduk sampai merata dan harum.
4. masukan daging ayam, aduk sampai berubah warna. Tambahkan air, dan biarkan sampai dagingnya terasa empuk.
5. setelah dagingnya empuk, biarkan sampai kuahnya habis. kemudian angkat dan siap disajikan.

nahhh...mudah kan cara membuatnya?? cobalah..dan rasanya juga enak banget ternyata! (halahh..siapa lagi yang akan suka masakan kita klu bukan kita sendiri yak! hehehe..) oya, klu diliat dari hasilnya and cara buatnya juga..mirip-mirip sama kalio ayam khas-nya Padang, cuma klu yang Padang pake santen, trus nggak pake cabe rawit..:-D

Okelah, ini resep pertama yang diupload ya..nanti yang berikutnya menyusul..selamat mencoba..cintai masakan nusantara! ^_^

2 komentar:

  1. Alhamdulillaah..

    Kok ga ngundang2 launching blog-nya Da.. :)

    BalasHapus
  2. hhehe...baru ini mbaa...baru jadi banget tadi abis maghrib...^_^

    yang ini khusus buat masakan aja..:-D

    BalasHapus